Review the
statements under production focusing on automobile production worldwide and sustainable
produsction. how do the resources, capabilities, and activities of BMW
contribute to its differentiation strategy and the unique position in the
industry that it has achieved?
BMWmerupakan perusahaan otomotif Jerman yang memproduksi mobil dan sepeda motor. BMW didirikan
pada tahun 1916 oleh Franz Josef Popp. BMW AG
adalah perusahaan induk dari merk mobil MINI dan Rolls-Royce, dan,
dulunya Rover. BMW dikenal
sebagai salah satu perusahaan mobil mewah dengan performa tinggi, dan juga
salah satu perusahaan mobil pertama yang menggunakan teknologi ABS. BMW adalah
sebuah merek yang diminati oleh pecinta mobil di seluruh dunia sebagai simbol
kinerja, kekuasaan dan kemewahan. BMW telah mampu hidup pada brand promise-nya,
yang sangat konsisten dalam memberikan produk yang berkualitas tinggi.
Strategi
Diferensiasi
Strategi
Diferensiasi adalah suatu upaya untuk membuat suatu produk atau jasa yang
dirasa sebagai yang unik di seluruh industri. Penekanan dapat pada gambaran
merk, pemilik teknologi, corak khusus, pelayanan yang superior, jaringan
distributor yang kuat atau aspek-aspek yang bisa menjadi spesifik untuk
industri anda. Keunikan ini harus juga diterjemahkan ke profit margin yang
lebih tinggi dari pada rata-rata industri. Sebagai tambahan, beberapa kondisi
yang harus ada untuk menunjang differentiation strategy meliputi kemampuan
pemasaran yang kuat, rekayasa produk yang efektif, personil yang kreatif,
kemampuan untuk melakukan riset dasar dan reputasi yang baik.
Perusahaan
melakukan diferensiasi dengan tujuan terutama untuk memperoleh keunikan
dibandingkan dengan para pesaingnya dan dinilai penting oleh pembelinya.
Diferensiasi memungkinkan perusahaan dapat menawarkan produknya dengan harga
premium karena nilai tambah yang diminati pembeli. Diferensiasi tumbuh
dari rantai nilai perusahaan karena setiap rantai aktivitas perusahaan
merupakan sumber potensial bagi keunikan yang dapat ditawarkan dan menarik para
pembeli. Kualitas bahan baku atau proses teknologi dapat menjadi sumber
diferensiasi yang membedakan secara signifikan dengan produk kompetitor.
Perusahaan akan menggunakan strategi
diferensiasi bila ingin bersaing dengan pesaingnya dalam hal keunikan produk
dan jasa yang ditawarkan. Keunikan tersebut dapat dilihat dari ciri produk yang
menawarkan nilai yang dicari konsumen sehingga menjadikan produk tersebut unik
dan berbeda di mata konsumen. Konsumen akan rela membayar dengan harga premium
bagi produk-produk yang dipersepsikan sebagai produk yang unik dan berbeda.
(Thompson, 2012).
BMW mendiferensiasikan produknya
sebagai produk yang mampu memberikan prestise kepada penggunanya, merupakan
produk yang berkualitas tinggi dengan teknik pembuatan yang superior.
Para perusahaan berbasis diferensiasi
bekerja keras untuk bisa menciptakan loyalitas merek kepada konsumennya yaitu
suatu keadaan dimana konsumen secara konsisten mencari, membeli dan menggunakan
produk tersebut. Karena dalam strategi ini loyalitas terhadap merek merupakan
senjata ampuh bagi perusahaan berbasis diferensiasi
Strategi
Pemberdayaan Sumber Daya Manusia
Tempat
kerja yang terbuka menggantung di sepanjang dua lantai, seperti air terjun.
Badan-badan mobil berjalan di sepanjang jalur, disinari cahaya biru yang sangat
lembut. Jika parade mobil setengah jadi melambat, para insinyur akan merasakan
perubahan denyut pabrik dan dengan cepat menyelidiki permasalahan yang muncul.
Pemeriksaan kualitas secara mingguan di sebuah plaza yang dilalui para pekerja
saat menuju tempat makan siang, menjamin semua orang dengan cepat sadar bila
ada kesemrawutan produksi. Kombinasi antara kebersamaan dan keterbukaan
mencetuskan pertemuan-pertemuan yang terjadi begitu saja di antara para
pekerja, insinyur logistik, dan pakar kualitas.
Itulah
suasana di pabrik mobil BMW, Jerman. Situasi seperti itu memberi gambaran bahwa
BMW adalah perusahaan otomotif yang paling tidak formal. Pembeli BMW mungkin
tidak tahu bahwa ketika duduk di belakang kemudi, mereka sedang mengendarai
sebuah mesin yang lahir dari ribuan sesi lempar gagasan yang dilakukan begitu
saja. Tidak seperti kebanyakan perusahaan mobil yang kepala desainnya
mendiktekan garis besar rancangan kendaraan kepada para pegawai,
desainer-desainer BMW hanya diberi sasaran secara garis besar. Dan, dari situ
mereka bebas memunculkan konsep terbaik mereka. Untuk mengoptimalkan potensi
karyawan, BMW biasanya menyatukan para desainer, insinyur, dan ahli pemasaran
untuk bekerja secara intensif dalan sebuah proyek.
Kerja
keras, kepedulian karyawan, dan iklim berbagi pengetahuan itulah yang
membangkitkan perusahaan ini dari keterpurukan. Pada 1972, jauh sebelum
perusahaan Eropa lain rela membayar lebih kinerja karyawan, perusahaan Jerman
ini telah memberi sebagian keuntungan kepada para karyawan. BMW membuat
rencana, bilamana perusahaan memenuhi target-target finansial, maka akan
membagi tunjangan khusus sebanyak 1,5 bulan gaji di akhir tahun. Sebagai
balasan, para pekerja menjadi lebih komit.
Di
masa itu, istilah aset intelektual mungkin belum terdengar. Akan tetapi,
kebijakan BMW yang menempatkan karyawan di atas kepentingan lain merupakan
bukti bahwa sejak dulu perusahaan ini sangat menghargai kontribusi karyawan.
Dari hasil studi yang dilakukan Teleos, terdapat 8 dimesi yang perlu
dikembangkan dalam rangka mewujudkan knowledge enterprise, yang meliputi:
kepemimpinan, budaya perusahaan, iklim berbagi dan berkolaborasi, manajemen
intelektual kapital, manajemen pengetahuan kustomer, pembelajaran organisasi,
inovasi, dan upaya mengubah pengetahuan menjadi nilai bagi perusahaan.
Kedelapan dimensi tersebut lah yang digunakan sebagai kerangka dalam Most
Admired Knowledge Enterprise (MAKE).
Mewujudkan
aset pengetahuan dapat dimulai dengan membangun kepedulian tentang KM dengan
cara melakukan assessment terhadap kesiapan organisasi. Dalam hal ini,
assessment dapat dilakukan dengan menggunakan kerangka MAKE. Setelah itu,
dilanjutkan dengan mengikuti MAKE Award. Melalui ajang bergengsi ini perusahaan
dapat melakukan benchmark terhadap penerapan KM di perusahaan-perusahaan
unggul. Berikutnya, melakukan pemetaan dan identifikasi terhadap aset
pengetahuan yang telah dimiliki dan aset pengetahuan yang harus dimiliki,
dilanjutkan dengan mendesain strategi KM.
Dalam
membangun perusahaan berbasis pengetahuan, inisiatif KM harus diselaraskan
dengan nilai-nilai perusahaan. Untuk itu diperlukan evaluasi, coaching dan
monitoring, serta perbaikan yang dilakukan secara terus-menerus.
Strategi
Pemasaran
Kembali
ke konsep yang awal Konsep pemasaran yakni melihat apa dan bagaimana keinginan
serta kebutuhan para costumernya yang ternasuk dikalangan menengah atas, peran
para strategy directorserta marketing manager dalam mengambil
keputusan saat memproduksi dan memasarkan produk mereka ke pasar sangatlah
besar pengaruhnya di sini. Mereka memainkan peran yang penting dan sentral
untuk kondisi ini. Selain itu ada pula yang lain, yaitu:
- Promosi melalui peluncuran perdana produk baru dengan kemasan artistik, ekslusif, dan profesional
- Sponsori acara – acara berlabel mewah seperti turnamen golf dengan hadiah model produk terbaru BMW
- Kerjasama dengan media cetak dan elektronika yang membawa nama serta industri otomotif
- Mengadakan program acara Test Drive
- Melakukan komparasi secara adil dengan melibatkan insan – insan otomotif untuk melakukan komparasi produk dengan kompetitor mereka.
Salah
satu dimensi dalam analisis lingkungan adalah trend
perubahan teknologi atau penerapan teknologi yang berkembang di pasar
atau industri yang selanjutnya akan mempengaruhi strategi. Perubahan teknologi
akan menghadirkan peluang dan sebaliknya adanya alternatif teknologi baru juga
akan menghadirkan ancaman.
Dengan
semakin majunya teknologi dewasa ini, BMW tidak menyia-nyiakan kesempatan
tersebut dengan membuat inovasi serta perubahan yang lebih baik dari hari
kehari demi tercapainya tujuan mereka yakni menjadi merk mobil no satu di
dunia.
Strategi
Promosi
Promosi
adalah bagian dari strategi pemasaran. Namun bentuk kemasan seperti apa yang
menjadi daya tarik dari segmentasi pasar BMW. Program-program peluncuran
perdana satu produk atau rencana peluncuran produk-produk terbaru dari BMW
harus mampu dikemas dalam bentuk yang sangat ekslusif, artistik, dan menarik.
Ekslusif disebabkan karena segmentasi pasar BMW yang kalangan atas. Artistik
dengan tidak pernah melupakan unsur seni dan keindahan serta harmonisasi dalam
produk BMW. Menarik di sini adalah harus mampu melihat situasi dan kondisi yang
beredar di masyarakat. Entah apakah itu turnamen olahraga atau kondisi lainnya
harus mampu dimanfaatkan oleh BMW sesuai dengan imagenya.
Dalam
hal isu-isu strategis perusahaan BMW menghadapi beberapa hal berikut ini yang
dapat menjadikan perhatian secara khusus oleh mereka. Isu-isu strategis
tersebut adalah sebagai berikut :
- Teknologi
Konsumsi
publik atau masyarakat adalah teknologi kendaraan terkini. Contohnya adalah
hemat dalam konsumsi bahan bakar, mudah perawatan, ramah lingkungan, serta dilengkapi
oleh perangkat keselamatan aktif dan pasif berikut perangkat keamanan kendaraan
dari tangan -tangan jahil. Ini merupakan perhatian yang sangat khusus harus
diperhatikan oleh BMW dalam memproduksi produk otomotif unggulan.
- Kualitas produk
Produk
mereka harus tetap diproduksi dengan bahan-bahan handal atau Good Raw
Materials. Bagaimana BMW harus mampu tetap mempertahankan. Sebagai contoh
adalah bau khas kabin BMW yang kadang dilengkapi dengan dashboard dan interior
dengan motif kayu (Wood Panels). Serta warna hitam Sporty yang menimbulkan
kesan Adrenaline Rush bagi pengemudi. Melihat hal ini bagaimana BMW dengan
bahan-bahan atau Raw Materials mempertahankan image merek mereka di tengah–tengah
konsumennya atau calon konsumennya. Produk BMW selalu ditampilkan dengan bahan-bahan
berkualitas.
Penelitian
dan Pengembangan
Para
Petinggi BMW AG mengatakan bahwa kamajuan perusahaan ini bergantung pada
kinerja karyawan dan responsibility dari para konsumen. Namun dibalik itu semua
juga tidak terlepas akan sentuhan tangan-tangan kreatif dan ide cemerlang para karyawan
yang briliant dan cerdas. Fitur inovatif, kemampuan memberikan keindahan,
lingkungan yang nyaman yang mengundang pemikiran kreatif, dan kualitas tanpa
kompromi. Di sini, desainer dan insinyur berkembang pada komitmen perusahaan
untuk standar terbaik. Mereka juga memiliki kesempatan langka untuk
bertindak sebagai tangan-on ahli, terlibat dalam semua fase konsep, desain dan
pengembangan model baru. Sehingga lahirlah produk yang dapat mempengaruhi
konsumen untuk bisa memilikinya dan akhirnya kepuasanlah yang di dapatkan.
Teori Penelitian dan Pengembangan di perusahaan BMW juga
sangat diutamakan. Teknologi dan inovasi terus dikembangkan mengikuti
perkembangan tren terikini guna menjawab keinginan para pengguna kendaraan
bertaraf premium. Sehingga model kendaraan yang diproduksi sangat unik,
bervariasi dan modern. Isu-isu perubahan iklim dan cuaca terkini turut menjadi
acuan BMW untuk menghasilkan produk-produk yang ramah lingkungan dan hemat
energi namun tetap dinamis dan bernilai estetis.
Strategi bertahan
Faktor utama yang paling berkontribusi terhadap
ketahanan BMW adalah model bisnis, inisiatif kreatif dan pendekatan
kepemimpinan berkelanjutan. Ketiga faktor tersebut didorong oleh strategi
jangka panjang perusahaan, menciptakan kinerja yang dinamis dan efisiensi.
Model bisnis BMW mewujudkan fleksibilitas bagi
pelanggan, karyawan dan perusahaan. Pada dasarnya, BMW hanya membuat mobil yang
sudah dipesan oleh pelanggan.prinsip ini memungkinkan perusahaan untuk skala
produksi dan waktu bekerja atas dan ke bawah, tergantung pada permintaan.
Sebagai bagian dari model bisnis, BMW telah menguasai tingkat tinggi
kustomisasi massal sehingga pelanggan dapat menentukan apa yang mereka inginkan
dalam mobil mereka secara detail.
Model bisnis ini memungkinkan sekitar 300
pekerjaan-waktu pola yang memungkinkan penyebaran optimal pekerja terampil BMW.
Berbeda dengan model tiga-pergeseran konvensional, pola kerja karyawan tersebut
menawarkan fleksibilitas individu yang cukup sehingga mereka bisa memberi jam
tambahan dalam periode sibuk dan mengurangi pada saat ketika pekerjaan
melambat.
Dengan prinsip “Strategy Number
One” dan “Sustainability & Profitability (Keberlanjutan dan Keuntungan)”
membuat perusahaan BMW terus berkembang dari masa ke masa, menciptakan
teknologi dan inovasi tinggi sesuai perkembangan zaman. Visi BMW jauh memandang
ke masa depan dan misi berorientasi pada produk untuk jangka waktu panjang.
mkasih gan ,,, postingan bmw-simbol-kemewahan , yang bagus dan bermanfaat ini layaknya di share ajja ,, nih saya bantu ngeshare ,, ,, jgn lupa kunbal nya pulsagratisandroidku.blogspot.com terimakasih skali lagi gan , maju terus blog nya ,,, !
BalasHapusSAYA SEKELUARGA INGIN MENGUCAPKAN BANYAK TERIMAH KASIH KEPADA AKI NAWE BERKAT BANTUANNNYA SEMUA HUTANG HUTANG SAYA SUDAH PADA LUNAS SEMUA BAHKAN SEKARAN SAYA SUDAH BISA BUKA TOKO SENDIRI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN AKI YG TELAH MEMBERIKAN ANKA JITUNYA KEPADA SAYA DAN ALHAMDULILLAH ITU BENER2 TERBUKTI TEMBUS..BAGI ANDA YG INGIN SEPERTI SAYA DAN YANG SANGAT MEMERLUKAN ANGKA RITUAL 2D 3D 4D YANG DIJAMIN 100% TEMBUS SILAHKAN HUBUNGI AKI NAWE DI 085-218-379-259
Hapus