Strategies For Competing In International Markets "HERO
GROUP"
Perusahaan
menghadapi banyak alternatif dalam cara berpartisipasi di pasar internasional.
Mereka yang mempunyai pengalaman dalam pemasaran internasional menyadari bahwa
perlu melakukan pemasaran tanpa memperdulikan pengaturan penetapan pemasok.
Perusahaan yang berikan komitmen pada pemasaran mempelajari pelanggan di luar
negeri akibatnya mempunyai pengetahuan yang amat mendalam mengenai pasar
"luar negeri" yang bukan asing lagi, tetapi merupakan pasar yang
terletak pada lokasi geografi tertentu seperti pasar yang lain. ini merupakan
aplikasi mendasar dari konsep pemasaran. Bila diterapkan, keadaan ini
menghasilkan perumusan strategi pemasaran yang mengintegrasikan unsur produk,
harga, distribusi dan promosi dengan cara tepat, konsisten dengan kekuatan dan
kelemahan perusahaan dan produk di samping kenyataan persaingan.
Cara Memasuki
Ekspansi internasional
Suatu perusahaan yang bermaksud melakukan ekspansi usahanya ke luar negeri
dapat menempuh beberapa alternative metode sebagai berikut:
1. Mengekspor
Banyak perusahaan
industri mengawali ekspansi internasionalnya dengan mengekspor barang dan jasa
mereka ke negara lain. Mengekspor merupakan bentuk pengoperasian secara
internasional yang paling tradisional dan sudah sering diiaksanakan. Sebuah
perusahaan mungkin terlibat dalam mengekspor secara langsung, artinya penjualan
antara perusahaan tersebut dan distributor atau pelanggan negara kedua yang
berfungsi sebagai pengimpor. Sebuah perusahaan dikatakan melakukan ekspor
secara tidak langsung kalau penjualan iewat perantara yang berada di negaranya
sendiri.
2. Memberi Lisensi
Memberi lisensi
merupakan alternatif strategi memasuki suatu negara dan perluasan dengan daya
tarik yang cukup besar. Sebuah perusahaan dengan teknologi, pengetahuan, atau
merek yang mempunyai citra kuat dapat menggunakan persetujuan memberikan
lisensi untuk menggantikan sumber laba tanpa investasi dan biaya yang amat
kecil. Bahkan sebenarnya, memberikan lisensi merupakan pengembalian investasi
tanpa batas.
3. Franchising
(waralaba)
Waralaba hampir
sama dengan pemberian lisensi. Bedanya selain menghibahkan izin penggunaan
nama, proses, metode atau merk, perusahaan induk membantu penerima waralaba
dalam operasi atau pasok bahan mentah. Pemberi waralaba biasanya lebih memiliki
control terhadap kualitas produk daripada hanya memberikan lisensi. Sama dengan
lisensi penerima waralaba membayar sejumlah komisi dan sebagian tertentu dari
penjualan/penerimaan yang diperolehnya kepada perusahaan pemberi waralaba.
4. Usaha Patungan
Usaha patungan bisa
dipakai sebagai sumber pasokan untuk pasar negara ketiga. Hal ini harus
dipikirkan masak-masak terlebih dahulu. Salah satu alasan utama dari
"perceraian" usaha patungan adalah perselisihan mengenai pasar negara
ketiga dimana kedua Mitra ini saling berhadapan sebagai pesaing yang sebenarnya
atau pesaing potensial. Untuk menghindari ini, rencana perlu dibuat untuk
mendekati pasar negara ketiga sebagai bagian dari persetujuan usaha patungan.
5. Cabang yang
dimiliki Penuh
Dengan mendirikan
cabang di luar negeri yang dimiliki penuh, suatu perusahaan dapat menjaga
control menyeluruh terhadap pemasaran, penentuan harga, keputusan produksi dan
mempertahankan teknologi. Akibatnya, perusahaan juga berhak mendapatkan 100%
laba yang dihasilkan oleh cabangnya di luar negeri.
6. Kepemilikan
Memiliki perusahaan sendiri memerlukan komitmen modal dan usaha manajerial
paling besar serta menawarkan cara paling penuh untuk partisipasi dalam sebuah
pasar. Perusahaan dapat bergerak dari strategi pemberian lisensi atau usaha
patungan sampai kepemilikan agar dapat mencapai perluasan yang lebih cepat
disebuah pasar, pengendalian yang lebih besar atau laba yang lebih tinggi.
Profil The Hero Group
"Hero
Group" adalah nama merek yang digunakan oleh Munjal bersaudara yang muncul
pada tahun 1956. Munjal bersaudara memulai bisnis ini dengan pembuatan komponen
sepeda di tahun 1940-an dan hari ini mereka dikenal sebagai produsen sepeda
terbesar di dunia.
Filosofi The Group
adalah: "Untuk menyediakan transportasi yang sangat baik untuk
orang-orang biasa dengan harga terjangkau dan mudah untuk memberikan kepuasan
total dalam semua bidang kegiatannya."
Hero Group telah
mampu unggul terutama di sepeda motor dan manufaktur. Mereka telah menerima
banyak penghargaan, termasuk "Sepeda Pencipta penghargaan tahun"
untuk terus 6 tahun 2001-2006 oleh majalah Overdrive. Upaya dan kerja keras
mereka dalam setiap bidang dapat dilihat seperti itu adalah peringkat ke-4 dalam
"Overall Best Managed Company" kategori, peringkat 3 rd di
"Best Manajemen Keuangan" dan kategori "Best Efisiensi
Operasional", peringkat ke-6 dalam "Keseluruhan Terbaik
Investor Relations "Kategori oleh Asiamoney pada tahun 2002.
Gaya manajemen yang
diadopsi oleh Hero Group telah dipuji secara internasional maupun oleh
organisasi yang berbeda seperti Bank Dunia dan BBC ,Inggris ,Acclaiming
sebagai panutan dalam pengembangan penjual internasional. Di London Business
School , Inggris , Dan Insead , Perancis itu dipelajari sebagai studi kasus
sebagai model kewirausahaan.
Hero Group telah
dianggap sebagai salah satu dari sepuluh departemen roda dua yaitu Hero Honda
Motors telah menerima peringkat tertinggi untuk Corporate Governance pada tahun
2003, dan Best diatur penghargaan Perusahaan di sektor swasta pada tahun 2004
oleh CRISIL, yang India 'S Leading Penilaian, Risiko dan Penasehat Perusahaan.
The Herogroup telah
menerima penghargaan tidak hanya di pasar domestik tetapi juga telah menerima
penghargaan untuk keunggulan dalam perdagangan internasional. Teknik Ekspor
Dewan Promosi telah dianugerahi Pahlawan Siklus dengan Terbaik Eksportir Award
untuk 28 tahun terakhir berturut-turut.
Visi The Hero
Group :
“The Hero Group
terus berjuang untuk sinergi antara teknologi, sistem dan sumber daya manusia
untuk menyediakan produk dan layanan yang memenuhi kualitas, kinerja, dan
aspirasi harga pelanggan. Meskipun demikian, kami menjaga standar etika yang
tertinggi dan tanggung jawab sosial, terus berinovasi produk dan proses, dan
mengembangkan tim yang membuat momentum akan mengambil kelompok untuk
keunggulan dalam segala sesuatu yang kita lakukan. "
Strategi Hero Group
masuk di pasar internasional
Setelah sukses
kelompok di pasar domestik, Munjal bersaudara mencari pasar Internasional untuk
pertumbuhan lebih lanjut, untuk mencapai penjualan tambahan, dan untuk
memperpanjang siklus hidup produk nya. Untuk masuk ke pasar global, Grup
Pahlawan menggunakan salah satu sederhana dan umum mode masuk pasar ekspor
yaitu sampai tahun 1960-an tidak ada banyak perusahaan India, dalam mengekspor
sepeda. Tapi, setelah 1963, ketika Hero Group mulai mengekspor sepeda, era baru
ekspor mulai di segmen sepeda India. Hero Group pada awalnya mulai mengekspor
ke Afrika dan Timur Tengah, tapi sekarang ada ekspor utama adalah Eropa dan
Amerika . Untuk memenuhi persyaratan di pasar internasional, kelompok ini telah
terus berubah ke teknologi yang lebih baru dan lebih baik. Hal ini juga telah
mengambil beberapa langkah tambahan seperti menyiapkan Satuan khusus
Berorientasi Ekspor (EOU) bernama Gujarat Siklus Limited (sekarang Munjal Auto
Industries Limited), untuk mengatasi dengan persyaratan standar internasional.
Bidang utama di mana unit ini ekspor produk manufaktur adalah di pasar negara
maju seperti Perancis, Jerman, Inggris, dll, di mana persyaratan dari standar
yang tinggi .
Pilihan Strategi
Hero Group untuk Memasuki dan Bersaing di Pasar Asing
Ada beberapa
pilihan strategis umum untuk sebuah perusahaan yang memutuskan untuk memperluas
luar yang pasar domestik dan bersaing secara internasional atau global:
- Menjaga (satu negara) basis produksi nasional dan ekspor barang ke pasar luar negeri, baik menggunakan milik perusahaan atau saluran distribusi maju dikuasai asing
- Lisensi perusahaan asing untuk menggunakan teknologi perusahaan atau untuk memproduksi dan mendistribusikan produk perusahaan
- Menggunakan strategi waralaba
- Ikuti strategi multinegara - berbagai pendekatan strategis perusahaan dari negara ke negara sesuai dengan kondisi lokal dan selera yang berbeda pembeli dan preferensi
- Ikuti strategi global - pada dasarnya menggunakan pendekatan strategi bersaing sama di semua pasar negara dimana perusahaan memiliki kehadiran
- Gunakan aliansi strategis atau joint venture dengan perusahaan asing sebagai kendaraan utama untuk memasuki pasar luar negeri - dan mungkin menggunakan mereka sebagai pengaturan strategis yang sedang berlangsung
Menggunakan Aliansi
Strategis Internasional dan Joint Ventures untuk Membangun Kekuatan Kompetitif
di Pasar asing.
- Secara historis, perusahaan ekspor di negara-negara industri berpikiran mencari aliansi dengan perusahaan-perusahaan dalam waktu kurang negara-negara maju untuk mengimpor dan memasarkan produk mereka persetujuan lokal tersebut sering diperlukan untuk memenangkan persetujuan untuk masuk dari pemerintah negara tuan rumah.
- Daya tarik strategis perjanjian kerjasama antara perusahaan domestik dan asing:
- Mendapatkan akses yang lebih baik ke pasar perusahaan yang menarik
- Untuk mencapai skala ekonomis dalam produksi dan / atau pemasaran
- Untuk mengisi kesenjangan dalam keahlian teknis dan / atau pengetahuan pasar lokal
- Untuk berbagi fasilitas distribusi dan jaringan dealer, dan untuk saling menguatkan satu sama akses mitra untuk pembeli
- Aliansi dapat menjadi cara yang sangat berguna untuk perusahaan di seluruh dunia untuk mendapatkan kesepakatan pada standar teknis yang penting
3. Apa yang membuat
aliansi lintas-perbatasan yang menarik sarana strategis untuk mendapatkan jenis
di atas manfaat adalah bahwa masuk ke aliansi dan kemitraan strategis
memungkinkan perusahaan untuk melestarikan kemerdekaannya.
4. Risiko dari Aliansi
Strategis dengan Mitra asing:. Aliansi dan joint venture dengan mitra
asing memiliki perangkap mereka.
Hero Group terus berupaya untuk mendapatkan
kepercayaan dan memenuhi kepuasan pelanggan bersama dengan semangat untuk
memberikan produk terbaik kepada pelanggan melalui inovasi dan teknologi
terbaru, telah menjadi alasan utama di balik pertumbuhan yang luar biasa dari
Grup Hero. Faktor-faktor lain seperti memahami kebutuhan pelanggan dan pilihan,
mencermati pasar, keunggulan perusahaan dan pemahaman tentang tanggung jawab
sosial perusahaan dan hubungan yang kuat dengan para investor, mitra, vendor
dan dealer bersama dengan pelanggan telah sama-sama penting dalam prestasi
mereka .
Karena semua alasan ini, Hero Group telah mampu
unggul terutama di sepeda motor dan manufaktur. Mereka telah menerima banyak
penghargaan, termasuk "Sepeda Pencipta penghargaan tahun" untuk terus
6 tahun 2001-2006 oleh majalah Overdrive. Upaya dan kerja keras mereka dalam
setiap bidang dapat dilihat seperti itu adalah peringkat ke-4 dalam kategori
"Best Managed Company keseluruhan", peringkat ke-3 di "Best
Manajemen Keuangan" dan kategori "Best Efisiensi Operasional",
peringkat ke-6 dalam "Keseluruhan Hubungan Investor Terbaik" kategori
oleh Asiamoney pada tahun 2002.
Referensi:
Thomson, Peteraf,
Gamble, Strickland. Crafting and Executing Strategy "Concepts and Cases" Global Edition, McGraw-Hill Companies,
Inc
Tidak ada komentar:
Posting Komentar