Kamis, 27 Juni 2013


Strategies For Competing In International Markets "HERO  GROUP"



Perusahaan menghadapi banyak alternatif dalam cara berpartisipasi di pasar internasional. Mereka yang mempunyai pengalaman dalam pemasaran internasional menyadari bahwa perlu melakukan pemasaran tanpa memperdulikan pengaturan penetapan pemasok. Perusahaan yang berikan komitmen pada pemasaran mempelajari pelanggan di luar negeri akibatnya mempunyai pengetahuan yang amat mendalam mengenai pasar "luar negeri" yang bukan asing lagi, tetapi merupakan pasar yang terletak pada lokasi geografi tertentu seperti pasar yang lain. ini merupakan aplikasi mendasar dari konsep pemasaran. Bila diterapkan, keadaan ini menghasilkan perumusan strategi pemasaran yang mengintegrasikan unsur produk, harga, distribusi dan promosi dengan cara tepat, konsisten dengan kekuatan dan kelemahan perusahaan dan produk di samping kenyataan persaingan.

Cara Memasuki Ekspansi internasional
Suatu perusahaan yang bermaksud melakukan ekspansi usahanya ke luar negeri dapat menempuh beberapa alternative metode sebagai berikut:

1.     Mengekspor
Banyak perusahaan industri mengawali ekspansi internasionalnya dengan mengekspor barang dan jasa mereka ke negara lain. Mengekspor merupakan bentuk pengoperasian secara internasional yang paling tradisional dan sudah sering diiaksanakan. Sebuah perusahaan mungkin terlibat dalam mengekspor secara langsung, artinya penjualan antara perusahaan tersebut dan distributor atau pelanggan negara kedua yang berfungsi sebagai pengimpor. Sebuah perusahaan dikatakan melakukan ekspor secara tidak langsung kalau penjualan iewat perantara yang berada di negaranya sendiri.

2.     Memberi Lisensi
Memberi lisensi merupakan alternatif strategi memasuki suatu negara dan perluasan dengan daya tarik yang cukup besar. Sebuah perusahaan dengan teknologi, pengetahuan, atau merek yang mempunyai citra kuat dapat menggunakan persetujuan memberikan lisensi untuk menggantikan sumber laba tanpa investasi dan biaya yang amat kecil. Bahkan sebenarnya, memberikan lisensi merupakan pengembalian investasi tanpa batas.

3.     Franchising (waralaba)
Waralaba hampir sama dengan pemberian lisensi. Bedanya selain menghibahkan izin penggunaan nama, proses, metode atau merk, perusahaan induk membantu penerima waralaba dalam operasi atau pasok bahan mentah. Pemberi waralaba biasanya lebih memiliki control terhadap kualitas produk daripada hanya memberikan lisensi. Sama dengan lisensi penerima waralaba membayar sejumlah komisi dan sebagian tertentu dari penjualan/penerimaan yang diperolehnya kepada perusahaan pemberi waralaba.

4.     Usaha Patungan
Usaha patungan bisa dipakai sebagai sumber pasokan untuk pasar negara ketiga. Hal ini harus dipikirkan masak-masak terlebih dahulu. Salah satu alasan utama dari "perceraian" usaha patungan adalah perselisihan mengenai pasar negara ketiga dimana kedua Mitra ini saling berhadapan sebagai pesaing yang sebenarnya atau pesaing potensial. Untuk menghindari ini, rencana perlu dibuat untuk mendekati pasar negara ketiga sebagai bagian dari persetujuan usaha patungan.

5.     Cabang yang dimiliki Penuh
Dengan mendirikan cabang di luar negeri yang dimiliki penuh, suatu perusahaan dapat menjaga control menyeluruh terhadap pemasaran, penentuan harga, keputusan produksi dan mempertahankan teknologi. Akibatnya, perusahaan juga berhak mendapatkan 100% laba yang dihasilkan oleh cabangnya di luar negeri.

6.     Kepemilikan
Memiliki perusahaan sendiri memerlukan komitmen modal dan usaha manajerial paling besar serta menawarkan cara paling penuh untuk partisipasi dalam sebuah pasar. Perusahaan dapat bergerak dari strategi pemberian lisensi atau usaha patungan sampai kepemilikan agar dapat mencapai perluasan yang lebih cepat disebuah pasar, pengendalian yang lebih besar atau laba yang lebih tinggi.


Profil The Hero Group

"Hero Group" adalah nama merek yang digunakan oleh  Munjal bersaudara yang muncul pada tahun 1956. Munjal bersaudara memulai bisnis ini dengan pembuatan komponen sepeda di tahun 1940-an dan hari ini mereka dikenal sebagai produsen sepeda terbesar di dunia.

Filosofi The Group adalah: "Untuk menyediakan transportasi yang sangat baik untuk orang-orang biasa dengan harga terjangkau dan mudah untuk memberikan kepuasan total dalam semua bidang kegiatannya."

Hero Group telah mampu unggul terutama di sepeda motor dan manufaktur. Mereka telah menerima banyak penghargaan, termasuk "Sepeda Pencipta penghargaan tahun" untuk terus 6 tahun 2001-2006 oleh majalah Overdrive. Upaya dan kerja keras mereka dalam setiap bidang dapat dilihat seperti itu adalah peringkat ke-4 dalam "Overall Best Managed Company" kategori, peringkat 3 rd di "Best Manajemen Keuangan" dan kategori "Best Efisiensi Operasional", peringkat ke-6 dalam "Keseluruhan Terbaik Investor Relations "Kategori oleh Asiamoney pada tahun 2002.

Gaya manajemen yang diadopsi oleh Hero Group telah dipuji secara internasional maupun oleh organisasi yang berbeda seperti Bank Dunia dan BBC ,Inggris ,Acclaiming sebagai panutan dalam pengembangan penjual internasional. Di London Business School , Inggris , Dan Insead , Perancis itu dipelajari sebagai studi kasus sebagai model kewirausahaan.

Hero Group telah dianggap sebagai salah satu dari sepuluh departemen roda dua yaitu Hero Honda Motors telah menerima peringkat tertinggi untuk Corporate Governance pada tahun 2003, dan Best diatur penghargaan Perusahaan di sektor swasta pada tahun 2004 oleh CRISIL, yang India 'S Leading Penilaian, Risiko dan Penasehat Perusahaan.

The Herogroup telah menerima penghargaan tidak hanya di pasar domestik tetapi juga telah menerima penghargaan untuk keunggulan dalam perdagangan internasional. Teknik Ekspor Dewan Promosi telah dianugerahi Pahlawan Siklus dengan Terbaik Eksportir Award untuk 28 tahun terakhir berturut-turut.

Visi The Hero Group  :
“The Hero Group terus berjuang untuk sinergi antara teknologi, sistem dan sumber daya manusia untuk menyediakan produk dan layanan yang memenuhi kualitas, kinerja, dan aspirasi harga pelanggan. Meskipun demikian, kami menjaga standar etika yang tertinggi dan tanggung jawab sosial, terus berinovasi produk dan proses, dan mengembangkan tim yang membuat momentum akan mengambil kelompok untuk keunggulan dalam segala sesuatu yang kita lakukan. "  
Strategi Hero Group masuk di pasar internasional
Setelah sukses kelompok di pasar domestik, Munjal bersaudara mencari pasar Internasional untuk pertumbuhan lebih lanjut, untuk mencapai penjualan tambahan, dan untuk memperpanjang siklus hidup produk nya. Untuk masuk ke pasar global, Grup Pahlawan menggunakan salah satu sederhana dan umum mode masuk pasar ekspor yaitu sampai tahun 1960-an tidak ada banyak perusahaan India, dalam mengekspor sepeda. Tapi, setelah 1963, ketika Hero Group mulai mengekspor sepeda, era baru ekspor mulai di segmen sepeda India. Hero Group pada awalnya mulai mengekspor ke Afrika dan Timur Tengah, tapi sekarang ada ekspor utama adalah Eropa dan Amerika . Untuk memenuhi persyaratan di pasar internasional, kelompok ini telah terus berubah ke teknologi yang lebih baru dan lebih baik. Hal ini juga telah mengambil beberapa langkah tambahan seperti menyiapkan Satuan khusus Berorientasi Ekspor (EOU) bernama Gujarat Siklus Limited (sekarang Munjal Auto Industries Limited), untuk mengatasi dengan persyaratan standar internasional. Bidang utama di mana unit ini ekspor produk manufaktur adalah di pasar negara maju seperti Perancis, Jerman, Inggris, dll, di mana persyaratan dari standar yang tinggi .

Pilihan Strategi Hero Group untuk Memasuki dan Bersaing di Pasar Asing

Ada beberapa pilihan strategis umum untuk sebuah perusahaan yang memutuskan untuk memperluas luar yang pasar domestik dan bersaing secara internasional atau global:
  1. Menjaga (satu negara) basis produksi nasional dan ekspor barang ke pasar luar negeri, baik menggunakan milik perusahaan atau saluran distribusi maju dikuasai asing
  2. Lisensi perusahaan asing untuk menggunakan teknologi perusahaan atau untuk memproduksi dan mendistribusikan produk perusahaan
  3. Menggunakan strategi waralaba
  4. Ikuti strategi multinegara - berbagai pendekatan strategis perusahaan dari negara  ke negara sesuai dengan kondisi lokal dan selera yang berbeda pembeli dan preferensi
  5. Ikuti strategi global - pada dasarnya menggunakan pendekatan strategi bersaing sama di semua pasar negara dimana perusahaan memiliki kehadiran
  6. Gunakan aliansi strategis atau joint venture dengan perusahaan asing sebagai kendaraan utama untuk memasuki pasar luar negeri - dan mungkin menggunakan mereka sebagai pengaturan strategis yang sedang berlangsung
Menggunakan Aliansi Strategis Internasional dan Joint Ventures untuk Membangun Kekuatan Kompetitif di Pasar asing.

  1. Secara historis, perusahaan ekspor di negara-negara industri berpikiran mencari aliansi dengan perusahaan-perusahaan dalam waktu kurang negara-negara maju untuk mengimpor dan memasarkan produk mereka persetujuan lokal tersebut sering diperlukan untuk memenangkan persetujuan untuk masuk dari pemerintah negara tuan rumah.
  2. Daya tarik strategis perjanjian kerjasama antara perusahaan domestik dan asing:
  • Mendapatkan akses yang lebih baik ke pasar perusahaan yang menarik
  •  Untuk mencapai skala ekonomis dalam produksi dan / atau pemasaran
  • Untuk mengisi kesenjangan dalam keahlian teknis dan / atau pengetahuan pasar lokal
  • Untuk berbagi fasilitas distribusi dan jaringan dealer, dan untuk saling menguatkan satu sama akses mitra untuk pembeli
  • Aliansi dapat menjadi cara yang sangat berguna untuk perusahaan di seluruh dunia untuk mendapatkan kesepakatan pada standar teknis yang penting
3. Apa yang membuat aliansi lintas-perbatasan yang menarik sarana strategis untuk mendapatkan jenis di atas manfaat adalah bahwa masuk ke aliansi dan kemitraan strategis memungkinkan perusahaan untuk melestarikan kemerdekaannya.
4.     Risiko dari Aliansi Strategis dengan Mitra asing:. Aliansi dan joint venture dengan mitra asing memiliki perangkap mereka.
Hero Group terus berupaya untuk mendapatkan kepercayaan dan memenuhi kepuasan pelanggan bersama dengan semangat untuk memberikan produk terbaik kepada pelanggan melalui inovasi dan teknologi terbaru, telah menjadi alasan utama di balik pertumbuhan yang luar biasa dari Grup Hero. Faktor-faktor lain seperti memahami kebutuhan pelanggan dan pilihan, mencermati pasar, keunggulan perusahaan dan pemahaman tentang tanggung jawab sosial perusahaan dan hubungan yang kuat dengan para investor, mitra, vendor dan dealer bersama dengan pelanggan telah sama-sama penting dalam prestasi mereka .

Karena semua alasan ini, Hero Group telah mampu unggul terutama di sepeda motor dan manufaktur. Mereka telah menerima banyak penghargaan, termasuk "Sepeda Pencipta penghargaan tahun" untuk terus 6 tahun 2001-2006 oleh majalah Overdrive. Upaya dan kerja keras mereka dalam setiap bidang dapat dilihat seperti itu adalah peringkat ke-4 dalam kategori "Best Managed Company keseluruhan", peringkat ke-3 di "Best Manajemen Keuangan" dan kategori "Best Efisiensi Operasional", peringkat ke-6 dalam "Keseluruhan Hubungan Investor Terbaik" kategori oleh Asiamoney pada tahun 2002.

Referensi:
Thomson, Peteraf, Gamble, Strickland. Crafting and Executing Strategy "Concepts and Cases" Global Edition, McGraw-Hill Companies, Inc

Tidak ada komentar:

Posting Komentar